Tujuan Pendidikan umum di perguruan tinggi adalah:
1.
Sebagai
usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mamu berperan
sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.
2.
Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap
masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul didalam masyarakat
indonesia
3.
Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar
mereka mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para
ahlu berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka
erkomunikasi
Jadi pendidikan
umum yang menitikberatkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa
pada dasarnya berbeda dengan mata kuliah bantu yang bertujuan menopang keahlian
mahasiswa dalan bidang atau disiplin ilmunya.
Ilmu sosial dasar dalah salah satu mata
kuliah dasar umum yang merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di perguruan
tinggi negeri maupun swasta. Tujuan diberikannya mata kuliah ini adalah
semata-mata sebagai salah satu usaha yang diharapjan dapat memeberikan bekal
kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah-masalah sosial yang
terjadi dilingukan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan
menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.
Secara khusus mata kuliah dasar umum
bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang:
1.
Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta
tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai pancasila dan memiliki
integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan
kemanusiaan sebagai sarjana indonesia.
2.
Taqwa terhadap tuhan yang maha esa, bersikap dan
bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk
agama lain.
3.
Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan
integral didalam menyikapi permasahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan
keamanan.
4.
Memiliki wawasan budaya yang luas tentang
kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta
meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiahnya dan secara bersama-sama
berperan serta didala pelestariannya.
Latar
Belakang, Pengertian dan Tujaun ISD
Latar belakang diberikannya ISD adalah
banyaknya kritik yang ditunjukan pada sistem pendidikan kita oleh sejumlah para
cendikiawan, terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan.
Pendidikan tinggi diharapkan dapat
menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan yang
terdiri atas.
1.
Kemampuanakademis
2.
Kemampuan professional
3.
Kemampuan personal
ISD
sebagai bagian dari MKDU mempunyai tema pokok yaitu hubungan timbal balik
antara manusia dengan lingkungannya
Secara umum ilmu pengetahuan dapat
dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu :
- Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi.
- Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
- Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural
scince )
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini
lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100% benar dan 100% salah. Yang termasuk
kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi, fisika, kimia, biologi,
kedokteran, dan mekanika.
2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince
)
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran.
Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah
dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu
ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial,
sosiologi hukum, dan lain-lain.
3. Pengetahuan budaya ( the
humanities )
Bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti. Peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan itu
pada umumnya terdapat pada dalam tulisan-tulisan. Metode ini tidak ada sangkut
pautnya dengan metode ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.
No comments:
Post a Comment